Daftar Menjaga Kesehatan Anak Berusia Balita

Daftar Menjaga Kesehatan Anak Berusia Balita

Seiring bertambahnya usia anak, semakin banyak juga hal yang perlu dipelajari dan dilakukan untuk menunjang perkembangan anak. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua selalu memperhatikan perkembangan anak dan hal yang diperlukan olehnya. Untuk mencintai buah hati kalian, kalian harus memperhatikan beberapa hal yang akan membantu menjaga kesehatan anak. Berikut kami rekomendasikan beberapa tips menjaga kesehatan untuk anak berusia 1 hingga 2 tahun. Yuk, langsung saja simak daftar di bawah ini.

Tips Menjaga Kesehatan Anak Balita

1. Menjaga Pola Makan si Kecil

Pada udia ini, anak biasanya akan lebih penasaran dengan apa yang berada di sekitarnya. Tidak semua makanan aman dikonsumsi oleh anak pada usia balita ini. Ada beberapa makanan yang harus dihindari, terutama makanan yang akan membuatnya tersedak. Orang tua boleh memberikan buah ataupun sayuran, lakukan dengaan potongan kecil. Orang tua juga harus memperhatikan tingkat kelembutan makanan yang ingin diberikan kepada si kecil. Hindari juga makanan berukuran kecil tetapi keras.

2. Melakukan Imunisasi

Imunisasi merupakan sebuah hal yang penting untuk dapat menjaga kesehatan anak. Oleh sebab itu, jagalah dengan baik jadwal imunisasi anak. Pada usia 12 hingga 18 bulan, Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan imunisasi yang diberikan adalah imunisasi polio, DPT ulangan, MR, campak, hepatitis A, influenza, varisela, dan PCV.

3. Bermain dan Belajar

Kalian dapat mengisi waktu dengan melakukan permainan yang menyenangkan, serta mengajarkan berbagai hal yang mampu mengasah kemampuan motoriknya. Karena kemampuan berpikir anak pada usia ini, sangat bagus untuk diasah menjadi anak berpribadi cerdas. Di mana orang tua dan anak dapat bermain bersama permainan sederhana hingga yang memungkinkan untuk anak berpikir dalam menyelesaikan sebuah tantangan permainan.

4. Cuci Tangan dan Kaki Sebelum Tidur

Untuk rutinitas yang satu ini, akan lebih baik jika kita ajarkan dari anak berusia balita. Karena hal ini akan menjadi suatu habit yang baik bagi anak kelak saat dewasa. Mencuci kaki dan tangan sebelum tidur memiliki tujuan mencegah anak terhindar dari beragam penyakit. Beberapa penyakit yang dapat dicegah mellui cuci tangan dan kaki adalah penyakit diare, flu, infeksi kulit, konjungtivitas, serta infeksi saluran pernapasan.

5. Memperhatikan Waktu Tidur

Dan yang terakhir adalah sebuah kegiatan yang paling penting untuk daya perkembangan anak-anak. Menjaga kesehatan anak adalah dengan memperhatikan pola tidur si kecil. Tidur yang cukup juga akan membantu tubuh anak menangkal penyakit, membantu tumbuuh kembangnya si kecil, serta membuat daya pikir dan daya ingatnya akan lebih baik. Seorang anak akan lebih cenderung membutuhkan tidur setidaknya pada usia 1 sampai 3 tahun. Kira-kira membutuhkan tidur ebanyak 11 hingga 14 jam dalam sehari. Pastikan anak tidak melewatkan tidur siang dan tidak tidur terlalu larut malam. Dengan pola tidur yang teratur dan baik, akan membantu mengasah kecerdasan serta konsentrasi yang baik bagi sang anak. Lakukan hal ini dari kecil, agar dapat menjadi suatu habit yang baik bagi anak saat kelak dewasa.

Itu dia 5 daftar cara menjaga kesehatan sang anak agar dapat lebih bisa bertumbuh dan berkembang. Lakukan tips diatas ini agar anak dapat menumbuhkan habit atau kebiasaan yang baik saat dirinya berusia kecil. Hal ini juga akan berfungsi bagi menjaga daya tahan imun tubuh dan keceriaan aktivitas sang anak. Sekian informasi tips ini kami sampaikan, selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*